Metode Penilaian

Evaluasi proses dan hasil pembelajaran ditujukan untuk mengevaluasi peserta
didik, memberikan umpan balik kepada peserta didik serta mengevaluasi sistem penilaian
itu sendiri. Sistem penilaian mengacu pada kompetensi dan tujuan pendidikan yang akan
dicapai, memenuhi asas validitas, reliabilitas dan kelayakan, serta mendorong
pengembangan proses belajar dan mengajar. Penilaian kemajuan proses pendidikan secara
terstruktur melibatkan staf pendidik yang mencakup aspek pengetahuan/kognitif,
keterampilan/psikomotor, dan perilaku/afektif yang dievaluasi secara berkala pada setiap
tahap pendidikan, baik secara formatif maupun sumatif. Proses dan hasil penilaian tersebut
harus menggambarkan terlaksananya proses pendidikan dengan kualitas yang memadai.
Sistem penilaian, aturan dan kriteria kelulusan dicantumkan dalam dokumen yang dapat
diakses oleh semua pihak yang berkepentingan.

  1. Bidang kognitif :
    • Pengetahuan dan pemahaman
    • Pemecahan masalah dan pengambilan keputusan klinik
  2. Bidang psikomotor:
    • Keterampilan klinis non operatif
    • Keterampilan klinis operatif
  3. Bidang afektif :
    • Hubungan inter-personal
    • Sikap dan kebiasaan kerja profesional

Evaluasi hasil pembelajaran dalam bentuk :

  1. Evaluasi Formatif
    Dilakukan dalam bentuk Mini CEx, DOPS, Log book, 360° evaluation, case-based
    discussion, dan penilaian formatif lainnya.
  2. Evaluasi Sumatif
    Dilakukan dalam bentuk ujian tulis, ujian lisan, dan OSCE.
  3. Ujian Lokal dan Nasional
    Dilakukan dalam bentuk ujian tulis, ujian lisan, dan OSCE.