jadwal

perpustakaan

Pengumuman

Berita

SEJARAH DEPARTEMEN PULMONOGI DAN ILMU KEDOKTERAN RESPIRASIFK ULM-RSUD ULIN

Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Sejak tahun 2006 telah di rintis PPDS (Program Pendidikan Dokter Spesialis) Paru/Pulmonologi FK ULM/RSUD Ulin Banjarmasin dengan melakukan kegiatan-kegiatan berupa visitasi dengan pengampu, dalam hal ini sebagai pengampu adalah bagian Pulmonologi FK Universitas Airlangga. Dilanjutkan dengan visitasi oleh Kolegium Pulmonologi Persatuan Dokter Paru Indonesia pada tahun 2011 “Sejak saat itu dibuatlah MOU antara bagian Paru FK UNAIR dengan bagian Paru FK ULM berupa pengiriman tenaga PPDS Paru FK UNAIR untuk stase di RSUD Ulin Banjarmasin sebagai rumah sakit pendidikan FK ULM”.

Stase di bagian Paru RSUD Ulin Banjarmasin berlangsung setiap 2 bulan dengan mengirimkan PPDS Junior dan Chief. Pada tahun 2014 dilakukan proses pendaftaran Program Studi Pulmonologi di KKI (Konsil Kedokteran Indonesia). Pada tahun 2015 mulai dilakukan Desk dan Visitasi oleh KKI (Konsil Kedokteran Indonesia). KKI (Konsil Kedokteran Indonesia) merekomendasikan untuk membuka program ini sebagai syarat untuk pendaftaran lebih lanjut ke Dirjen Dikti Kementerian Riset dan Tekhnologi.

Pada tahun 2016 dilakukan visitasi oleh Tim Dirjen Dikti Kementerian Riset dan Tekhnologi dan dinyatakan bisa membuka PPDS (Program Pendidikan Dokter Spesialis) Paru/Pulmonologi pada tahun 2017.

 

Proses pendaftaran dimulai dengan antara lain :

1.   Seleksi Administratif (Pengumpulan Berkas)

2.  Test Kesehatan (MCU)

3.  Test TOEFL

4.  Test TPA

5.  Test Tertulis

6. Test Wawancara

Gambar 01. Proses test wawancara calon peserta PPDS Paru/Pulmonologi

Untuk angkatan pertama periode Februari 2017 sudah diterima 2 orang Peserta PPDS Paru/Pulmonologi dan untuk selanjutnya periode September 2017 akan diterima 2 orang Peserta PPDS Paru/Pulmonologi. Pembukaan PPDS Paru/Pulmonologi di FK ULM bersamaan dengan pembukaan PPDS Obsgyn dan PPDS Bedah.

Gambar 02. Acara Visitasi Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS)

Paru/Pulmonologi, Obsgyn dan Bedah FK ULM/RSUD Ulin Banjarmasin

Pembukaan PPDS Paru di FK ULM Banjarmasin diperlukan untuk memenuhi kebutuhan Dokter Paru di Indonesia, yang saat ini ada beberapa Pusat Pendidikan Dokter Paru antara lain FK UNSIA Aceh, FK USU Medan, FK Universitas Andalas Padang, FK Universitas Riau Pekanbaru, FK Universitas Indonesia Jakarta, FK Universitas 11 Maret Surakarta/Solo, FK Universitas Airlangga Surabaya, FK Udayana Bali, FK Universitas Hassanudin Ujung Pandang.

 

            PPDS (Program Pendidikan Dokter Spesialis) Paru/Pulmonologi FK ULM diadakan dengan harapan untuk memenuhi kebutuhan dokter di Kalimantan (Indonesia). Beberapa keunggulan yang disiapkan dalam Kurikulum PPDS FK ULM berupa penanganan kasus-kasus yang berhubungan dengan lahan basah dan daerah pertambangan. Jadi diharapkan agar PPDS (Program Pendidikan Dokter Spesialis) Paru/Pulmonologi FK ULM Banjarmasin bisa menjadi kebanggaan masyarakat Kalimantan Selatan (Indonesia).