Capaian Pembelajaran
Capaian pembelajaran (Learning outcome) mengacu pada profil, area kompetensi dan memiliki kesetaraan dengan jenjang kualifikasi pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) level 8. Berdasarkan pada pada lampiran Permenristekdikti No.44 tahun 2015, kompetensi atau rumusan capaian pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta program pendidikan dokter spesialis Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi meliputi komponen sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus dan pengetahuan dengan penjelasan sebagai berikut:
1. Sikap
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
2. Keterampilan Umum
- Lulusan Program Pendidikan Dokter Spesialis Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi wajib memiliki keterampilan umum sebagai berikut :
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
3. Keterampilan Khusus
- Keterampilan khusus merupakan keterampilan yang akan dicapai oleh peserta didik Program Studi Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi agar dapat menjalankan peran lulusan yang tercakup dalam profil lulusan Spesialis Paru dan Pernapasan. Area Kompetensi yang akan dicapai mengacu pada Accreditation Council of Graduate Medical Education (ACGME) 2007 dan ditambah dengan area kompetensi pembelajaran dan pengajaran (learning and teaching) dan keterampilan melakukan penelitian. Dengan demikian, terdapat 9 area kompetensi yang merupakan standar minimal kompetensi lulusan yaitu kemampuan dalam:
- Pelayanan pasien (Patient care)
- Pengetahuan medis (Medical knowledge)
- Keterampilan prosedur medis (Medical procedural skill)
- Pembelajaran dan pengembangan berbasis praktik (Practice-based learning and improvement)
- Keterampilan hubungan interpersonal dan komunikasi (Interpersonal and communication skill)
- Profesionalisme (Profesionalism)
- Praktik berbasis sistem (System-based practice)
- Pengajaran dan pembelajaran (Teaching and learning)
- Riset dan teknologi informasi
Penjabaran kompetensi tersebut adalah sebagai berikut:
- Pelayanan medis pasien (Patient care)
- Mampu melakukan diagnosis dan prosedurdiagnosis yang berkaitan dengan masalah kesehatan pasien
- Mampu melakukan prosedur penatalaksanaan kesehatan secara komprehensif sesuai dengan standar operasional
- Mampu melakukan edukasi terhadap pasien tentang penyakitnya, talaksana dan prognosis terhadap penyakit yang diderita pasien
- Mampu melakukan tidakan preventif dan rehabilitatif terhadap penyakit yang diderita pasien
- Area Pengetahuan Medis (Medical knowledge)
- Menunjukkan kemampuan investigasi dan melakukan pendekatan klinis secara ilmiah sesuai dengan kebutuhan dan berhubungan dengan hasil pemeriksaan
- Mampu mengintegrasikan ilmu biomedik, epidemiologi klinik, farmakologi klinik, dan pulmonologisosial secara ilmiah serta aplikasinya dalam pemeriksaan maupun terapi
- Mampu menganalisis hasil pemeriksaan klinis dan penunjang medis di bidang pulmonologi dan kedokteran respirasi
- Keterampilan prosedur medis (Medical procedural skills)
- Mengetahui prinsip kerja alat diagnostik dan terapiutik yang digunakan dan mengetahui pengoperasian alat tersebut
- Mengetahui indikasi dan kontraindikasi suatu pemeriksaan, sehingga dapat membuat keputusan untuk melakukan atau tidak melakukan pemeriksaan
- Melakukan pemeriksaan sesuai dengan standar operasional pemeriksaan
- Mengatasi penyulit/ komplikasi yang dapat terjadi akibat tindakan maupun terapi, serta dapat mengatasinya baik secara mandiri maupun bekerjasama dengan profesi lain terkait
- Memonitor dan mengevaluasi hasil terapi
- Membuat laporan hasil pemeriksaan sesuai standar
- Mengajurkan langkah-langkah tindak lanjut atau pemeriksaan lain guna membuat penatalaksanaan selanjutnya
- Pembelajaran dan pengembangan berbasis praktik (Practiced based learning and
improvement)- Mempelajari dan mengembangkan ilmu pengetahuan yang sudah ada maupun ilmu pengetahuan yang baru melalui praktik langsung terhadap pasien
- Mempelajari segala jenis kasus penyakit paru yang ada selama menjalani pendidikan untuk dijadikan pengalaman
- Mempraktikkan belajar sepanjang hayat.
- Mengembangkan pengetahuan ba
- Area keterampilan hubungan interpersonal dan komunikasi (Interpersonal and
communication skill)- Menciptakan dan mempertahankan hubungan antar dokter dan pasien sesuai etika mencapai pemecahan masalah kesehatan yang terbaik demi kepentingan pasien
- Memahami fungsi wawancara, penggunaan data untuk menegakkan diagnosis dan penentuan terapi
- Menggunakan keterampilan menganalisis data secara efektif dan mengambil kesimpulan, serta mempunyai keterampilan melakukan konsultasi
- Melibatkan pasien/ keluarga pasien dalam menentukan pemilihan jenis pemeriksaan atau rencana terapi
- Menjalin komunikasi dan kerjasama dengan pihak lain, baik sebagai anggota atau pimpinan pelayanan kesehatan atau kelompok profesional lain
- Menerapkan mawas diri
- Mempraktikkan belajar sepanjang hayat
- Mengembangkan pengetahuan baru
- Area Profesionalisme (Profesionalisme)
- Memiliki sikap profesional
- Berperilaku profesional dalam bekerjasama dalam Tim Pelayanan Kesehatan
- Melakukan praktek kedokteran dalam masyarakat multikultural di Indonesia
- Memenuhi aspek medikolegal dalam praktik kedokteran
- Menerapkan keselamatan pasien dalam praktik kedokteran
- Praktik berbasis sistem (System based Practice)
- Mampu bekerjasama dengan pengelola dan pemberi pelayanan kesehatan lain untuk menilai, mengkoordinasi, memperbaiki pelayanan kesehatan di bidang pulmonologi dan ilmu kedokteran respirasi
- Memberikan usulan pemilihan pemeriksaan penunjang lanjutan yang paling tepat berdasarkan prinsip kendali mutu, kendali biaya, manfaat dan keadaan pasien
- Merujuk ke pusat pelayanan yang memiliki fasilitas lebih baik bila diperlukan
- Merencanakan dan melaksanakan Pendidikan kesehatan dalam rangka promosi kesehatan dalam bidang paru dan kedokteran respirasi khususnya deteksi dini
penyakit ditingkat individu, keluarga dan masyarakat - Bekerjasama dengan profesi dan sektor lain dalam menyelesaikan masalah kesehatatan dengan mempertimbangkan kebijakan kesehatan pemerintah, termasuk antisipasi terhadap timbulnya new emerging , emerging and re-emerging diseases
- Menjalankan fungsi manajerial (berperan sebagai pemimpin, pemberi informasi dan pengambilan keputusan khususnya dibidang paru dan kedokteran respirasi)
- Mengelola fasilitas, sarana dan prasarana dibidang paru dan kedokteran respirasi yang tersedia
- Area Pengajaran dan Pembelajaran (Teaching and learning)
- Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi dan seni didalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji
- Mampu memecahkan masalah ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni didalam
bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner - Mampu berperan sebagai pembimbing
- Riset dan Teknologi Informasi
- Mampu mengembangkan rencana riset atau solusi untuk mengatasi masalah dibidang pulmonologi dan kedokteran respirasi
- Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam keilmuannya melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner
- Mampu mengelola, memimpin dan mengembangkan riset yang mendapat pengakuan nasional dan/atau internasional