DEPARTEMEN PULMONOLOGI DAN KEDOKTERAN RESPIRASI

Metode Penelitian

Evaluasi proses dan hasil pembelajaran ditujukan untuk mengevaluasi peserta didik, memberikan umpan balik kepada peserta didik serta mengevaluasi sistem penilaian itu sendiri. Sistem penilaian mengacu pada kompetensi dan tujuan pendidikan yang akan dicapai, memenuhi asas validitas, reliabilitas dan kelayakan, serta mendorong pengembangan proses belajar dan mengajar. Penilaian kemajuan proses pendidikan secara terstruktur melibatkan staf pendidik yang mencakup aspek pengetahuan/kognitif, keterampilan/psikomotor, dan perilaku/afektif yang dievaluasi secara berkala pada setiap tahap pendidikan, baik secara formatif maupun sumatif. Proses dan hasil penilaian tersebut harus menggambarkan terlaksananya proses pendidikan dengan kualitas yang memadai. Sistem penilaian, aturan dan kriteria kelulusan dicantumkan dalam dokumen yang dapat diakses oleh semua pihak yang berkepentingan.

  1. Bidang kognitif :
    • Pengetahuan dan pemahaman
    • Pemecahan masalah dan pengambilan keputusan klinik
  2. Bidang psikomotor :
    • Keterampilan klinis non operatif
    • Keterampilan klinis operatif
  3. Bidang afektif :
    • Hubungan inter-personal
    • Sikap dan kebiasaan kerja profesional

Evaluasi hasil pembelajaran dalam bentuk :

  1. Evaluasi Formatif
    Dilakukan dalam bentuk Mini CEx, DOPS, Log book, 360° evaluation, case-based discussion, dan penilaian formatif lainnya.
  2. Evaluasi Sumatif
    Dilakukan dalam bentuk ujian tulis, ujian lisan, dan OSCE.
  3. Ujian Lokal dan Nasional
    Dilakukan dalam bentuk ujian tulis, ujian lisan, dan OSCE.
Scroll to Top